Thursday 20 August 2015

Moving Average as a Support and Resistance Level

Horizontal Support dan Resistance level sangat penting untuk memahami pergerakan harga. Kedua level ini akan menjadi peta buat seorang trader untuk merencanakan transaksi selanjutnya. Namun terkadang kedua level ini sulit di identifikasi dalam grafik, baik karena level yang tidak jelas maupun karena tren yang cukup kuat.

Jika tidak ada level support dan resistance yang jelas, kita masih mempunyai pilihan untuk menggunakan MOVING AVERAGE sebagai support dan resistance. Selain sebagai trend indikator, moving average juga sering kali berfungsi sebagai dinamic support resistance level. Lihat contoh pada gambar dibawah ini:
1. USDCAD weekly chart

2. USDCHF weekly chart

Penggunaan moving average sebagai support dan resistance sama dengan penggunaan Horizontal Support dan Resistance. Trader perlu menunggu hingga terjadi penolakan pada garis moving average. Ada beberapa candle stick pattern yang biasa muncul pada saat garis movig average berfungsi sebagai support resistance level, yaitu
1. Pin bar
2. Engulfing/Big Belt

Jadi, jika support dan resistance level sulit ditemukan, kita masih mempunyai opsi untuk melakukan transaksi dengan cara menggunakan Moving Average sebagai penggantinya. Tapi ingat, penggunaan moving average sebagi level support dan resistance harus didukung dengan adanya pola candle stick pin bar atau engulfing. Baik pola pin bar maupun pola engulfing harus menyentuh garis Moving Average yang digunakan sebagai level.

Enjoy your trade!

0 komentar:

Post a Comment